Tuesday 24 May 2011

Organisasi(Tugas Softskills)

Jelaskan sumbangan komunikasi terhadap tercapainya koordinasi dalam suatu organisasi?
Komunikasi dalam organisasi sangatlah penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari,maka kita untuk membina hubungan kerja antar pegawai maupun antar atsan dan bawahan perlulah membicarakan komunikasi secara lebih terperinci atau lebih jelas. Di bawah ini ada beberapa pendapat yang mendefinisikan komunikasi secara terpisah diantaranya:
A. Menurut Keith Davis :
Komunikasi Adalah Suatu proses penyampaian informasi dan pengertian dari satu orang ke orang yang lainnya.
B. Menurut Chester I Barnard
Komunikasi Adalah Suatu alat dimana orang-orang yang bersangkutan saling berhubungan satu sama lain dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuannya.
C. Menurut Koontz O’Donnell
Komunuikasi adalah Suatu pemindahan informasi dari satu orang ke orang yang lain.

Dari ketiga pendapat diatas bisa disimpulkan bahwa di dalam komunikasi harus mencakup tiga hal penting agar komunikasi tersebut berhasil baik.
1. Harus ada si pembawa berita atau biasa disebut komunikator(sender).
2. Harus ada si penerima berita atau biasa disebut komunikan(Receiver).
3. Berita atau informasi yang akan disampaikan.

Dalam Suatu organisasi, komunikasi dilakukan untuk menyampaikan berita. Printah dari atasan,pemberitahuan kebijakan perusahaan, ataupun untuk menanggapi masalah bawahan atau keluhan bawahan. Dengan demikian,keluhan masalah maupun informasi yang diperlukan antar karyawan maupun antar atasan-bawahan bisa dilakukan/diselesaikan dengan baik.


No.2
Sebutkan dan beri penjelasan dengan singkat tahap-tahap proses pengambilan keputusan dalam organisasi.
Mintzberg mengungkapkan bahwa langkah-langkah dalam pengambilan
keputusanterdiri dari :
1.Tahap identifikasi
Tahap ini adalah tahap pengenalan masalah atau kesempatan muncul dan diagnosis dibuat. Sebab tingkat diagnosis tergantung dari kompleksitas masalah yang dihadapi

2.Tahap pengembangan
Tahap ini merupakan aktivitas pencarian prosedur atau solusi standar yang ada atau mendesain solusi yang baru. Proses desain ini merupakan proses pencarian dan percobaan di mana pembuat keputusan hanya mempunyai ide solusi ideal yang tidak jelas

3.Tahap seleksi
Tahap ini pilihan solusi dibuat, dengan tiga cara pembentukan seleksi yakni dengan penilaian pembuat keputusan : berdasarkan pengalaman atau intuisi, bukan analisis logis, dengan analisis alternatif yang logis dan sistematis, dan dengan tawar-menawar saat seleksi melibatkan kelompok pembuat keputusan dan semua manuver politik yang ada. Kemudian keputusan diterima secara formal dan otorisasi dilakukan.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com